Waduk Sermo

Aset pariwisata yang kurang diperhatikan

[ Air mengalir sampai sawah … ]

Waduk sermo ini terletak kurang lebih 7 km di sebelah barat kota wates atau 36 km di arah barat kota Yogyakarta. Merupakan satu-satunya waduk yang berada di kabupaten kulon progo. Waduk ini terbuat dari hasil membendung sungai yang mengalir di pegunungan menoreh diantaranya yaitu sungai bogowonto.

Fungsi utama dari waduk ini yaitu sebagai penampung air yang disalurkan PDAM untuk air bersih, irigasi atau pengairan, serta pencegah banjir. Pemandangan yang bagus dengan disertai view pegunungan menoreh yang menjulang hijau dengan hutan-hutannya serta sejuknya udara menjadi nilai jual wisata bagi waduk ini. Para wisatawan juga bisa melepaskan penat dengan menikmati berbagai menu ikan segar yang didapat dari hasil tangkapan waduk, baik membeli ataupun bisa memancing sendiri.

Sayang keberadaanya kurang diperhatikan oleh pemerintah. Hal yang utama yang perlu dibenahi yaitu infrasuktur transportasi. Yang sangat membuat males mengunjungi waduk ini yaitu jalannya yang rusak, terutama yang melewati jalur pengasih. Terdapat dua jalur bila mau ke waduk ini, yaitu jalur pengasih dan jalur wates melewati RSUD wates ke barat. Sudah jarang banget wisatawan yang mengetahui keberadaan waduk ini, paling banter warga jogja sendiri yang menyalurkan hobby memancing mereka. Itupun jumlahnya cuma puluhan.

Bila anda penasaran dengan keindahnnya, silahkan datang sendiri ke waduk ini. Anda bisa memakai transportasi bus atau angkot dari RSUD wates. Paling-paling 15 menit sudah sampai. Selamat berwisata.

[Tempat mancing yang asyik]

[Menara pengawas ketinggian air]

[Waduknya luas]

Advertisements

About this entry