Asyiknya jalan-jalan di Jogja

Jogja berhati NYAMAN

Siapa yang tak kenal jogja, kota yang terkenal sebagai kota pendidikan, kota kebudayaan, dan kota pariwisata. Banyak tujuan wisata yang patut dikunjungi di kota ini. Wisatawan asing pun banyak yang menempatkan kota jogja di list tujuan wisata mereka saat ke perjalanan mereka ke Indonesia.

Guna mensukseskan program visit Indonesia 2008, telah banyak pula event-event yang diselenggarakan baik dengan skala kecil maupun skala besar yang melibatkan banyak pihak dan instansi pemerintahan. Belum lama ini telah diselenggarakan satu acara besar guna memperingati hari ulang tahun kota jogjakarta dengan tajuk “Jogja Java Carnival 2008”. Acara yang menelan dana besar dan telah dipersiapkan dengan lama dan matang itu berlangsung sukses. Minggu ini pula ada acara besar akhir tahunan di Jogja Expo Center dengan tema “Pesona Wisata Belanja” yakni acara rutin tahunan Jogja Fair 2008. Berbagai macam acara juga telah disusun rapi untuk dinikmati oleh seluruh penonton dan juga sebagai media promosi bagi kota Jogja ke ranah Internasional.

Memang banyak tempat tujuan wisata di kota Jogja ini, mulai dari wisata budaya, wisata bahari, wisata pendidikan, wisata alam, wisata belanja, dan wisata-wisata yang lain. Mungkin telah banyak informasi tujuan wisata yang mudah anda dapatkan baik melalui teman atau melalui website-website yang telah banyak dibuat untuk promosi pariwisata kota Jogja.

Tugu Jogja

Mungkin ini hanya sebuah tugu, tapi tugu ini yang menjadi ciri khas atau landmark kota Jogja sebelum jalan malioboro. Tugu Jogja ini terletak di perempatan Jalan Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro. Tugu yang dulunya berbentuk gilig yang dibuat kira-kira setahun setelah Kraton Jogja berdiri ini mempunyai nilai sejarah yang tinggi bagi kota Jogja dan rakyat Jogja sendiri. Bagi anda yang datang ke Jogja, sempatkanlah melihat tugu ini.

Kraton Jogja

Kraton yang terletak di pusat kota Jogja ini merupakan sebuah istana di kota Jogja. Yang mempunya nilai historis budaya yang tinggi dan tidak terpengaruh oleh kemajuaan modernisasi global. Tetap mempertahankan budaya Jawa dimana terdapat berbagai macam aturan atau adat yang mengikat di dalamnya.

Benteng Vredeburg

Bangunan yang merupakan saksi sejarah perjuangan kota Jogjakarta. Bangunan yang pada jaman dahulu juga digunakan untuk urusan pos, telegraf, dan telepon ini sekarang masih terawat dan menjadi tujuan wisata budaya kota Jogja.

Pasar Beringharjo

Bagi anda yang ingin membawa oleh-oleh atau cenderamata, silahkan kunjungi pasar beringharjo ini. Terletak di tempat strategis di jalan malioboro sebelum benteng vredeburg. Disini anda bisa membeli oleh-oleh berupa berbagai macam pakaian batik yang harganya jauh miring di bandingkan harga ditoko, karena masih bisa ditawar. Dengan berbagai macam model dan ukuran, serta kualitas yang tak jauh berbeda dengan koleksi toko, anda tinggal memilih yang sesuai dengan keinginan anda sendiri.

Malioboro

Siapa yang tak tahu Malioboro. Pasti anda kalau sudah pernah ke Jogja, pasti tau jalan malioboro. Jalan ini kalau ditarik garis satu arah dari arah tugu Jogja, jalan Mangkubumi, kemudian Jalan Maliobor, dan Kraton Jogja. Di sini anda bisa mendapatkan berbagai macam souvenir untuk oleh-oleh sanak keluarga anda di rumah. Berbagai macam pernak-pernik, kerajinan tangan, kerajinan perak, kerjinan anyaman, berbagai macam kaos, dan masih banyak lagi souvenir yang dapat anda beli di sini.

Anda juga dapat berjalan menyusuri sepanjang jalan ini, karena disini anda akan mendapatkan suasana yang berbeda. Suasana khas jogja dengan para penghuninya yang ramah dan supel, serta berbagai macam keunikan yang tidak akan anda dapatkan di tempat lain.

Kasongan

Letaknya 6 km barat daya kota Jogjakarta. Berupa desa wisata di kecamatan Kasihan, Bantul ini mempunyai andalan yaitu barang gerabah. Muali dari vas bunga, guci, jambangan, kendhi, patung-patung hewan dan lain-lain dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Pasar Klithikan

Klithikan berasal dari kosakata bahasa Jawa yang berarti barang bekas. Pasar yang dulunya berada di jalan Mangkubumi, jalan Asem Gedhe, dan Alun-alun Kidul ini sekarang telah dipindah dan dikelola secara apik di jalan Hos Cokroaminoto, sebelah utara perempatan Wirobrajan. Berupa gedung besar tiga lantai ini dulunya berfungs sebagai pasar hewan yang terkenal dengan pasar hewan Pakuncen. Di sini anda akan mendapatkan beratus penjual barang-barang mulai dari perkakas rumah tanggan sampai barang-barang elektronik pun ada.
Seperti dikutip di majalah Kabare :”Kata orang kalau mau menemukan budaya Jogja, datang saja ke pasar klithikan”.

Pantai Krakal, Baron, Kukup

Pantai ini terletak di pesisir selatan Gunung Kidul. Pantai Krakal yang terkenal indah dengan berjajar batu karang, pantai Kukup yang terkenal dengan hamparan pasir putihnya ini menjadi andalan utama pariwisata bahari selain pantai lain di daerah ini yang tak kalah caniknya seperti pantai Sadeng, Sundak, Drini, dan lain-lain.

Pantai Trisik, Glagah, Congot

Pantai ini terletak di sebelah barat kota Jogja kurang lebih 40 km. Pantai yang bersih ditunjang pula dengan wisata agro seperti kebon semangka dan agrowisata buah naga yang bermanfaat untuk obat.

Gunung Merapi

Gunung yang menjulang tinggi dan merupakan puncak tertinggi di kota Jogja ini sekarang juga telah banyak dilirik wisatawan. Banyak guide yang mengantar wisatawan asing untuk mencapai puncak Garudanya.

Waduk Sermo

Waduk sermo ini terletak kurang lebih 7 km di sebelah barat kota wates atau 36 km di arah barat kota Yogyakarta. Merupakan satu-satunya waduk yang berada di kabupaten kulon progo. Waduk ini terbuat dari hasil membendung sungai yang mengalir di pegunungan menoreh diantaranya yaitu sungai bogowonto.

Fungsi utama dari waduk ini yaitu sebagai penampung air yang disalurkan PDAM untuk air bersih, irigasi atau pengairan, serta pencegah banjir. Pemandangan yang bagus dengan disertai view pegunungan menoreh yang menjulang hijau dengan hutan-hutannya serta sejuknya udara menjadi nilai jual wisata bagi waduk ini. Para wisatawan juga bisa melepaskan penat dengan menikmati berbagai menu ikan segar yang didapat dari hasil tangkapan waduk, baik membeli ataupun bisa memancing sendiri.

Puncak Suroloyo

Dari puncak tertinggi di kabaupaten Kulon Progo Jogjakarta ini, jika menghadap ke utara kita dapat melihat kemegahan Candi Borobudur di Jawa Tengah, dan jika menghadap ke selatan dapat melihat kota Jogjakarta dan pantai Selatan.

Itu semua merupakan sedikit gambaran tentang kota Jogjakarta, dengan berbagai macam tujuan wisatanya. yang mungkin tidak anda dapatkan pada sumber yang lain.  Silahkan tentukan pilihan anda, dan pasang list tujuan kota Jogja dalam daftar list travelling anda. Silahkan menikmati keanekaragaman budaya dan keramahan penghuninya. Welcome to Jogja.

Advertisements

About this entry