Review haier d1200p

Bundling dengan Smart
Tertarik dengan iming-iming iklan yang aku lihat di TV dan surat kabar. Akhirnya kemaren (23.12.08) aku kepincut dan membeli salah satu produk handphone bundling dari smart itu. Mendengar iklan yang menggiurkan itu, yaitu hanya dengan uang 289ribu, anda akan mendapatkan sebuah handphone yang bisa sebagai modem internet dan sebuah chip kartu dari smart telecom. Plus juga dapet gratis internetan sebanyak 12 GB selama 6 bulan, dengan rincian 2 GB tiap bulannya. Setelah bertanya-tanya panjang lebar ke customer service smart di graha smart jogja jalan kenari itu, akhirnya handphone sudah berpindah tangan ke tangan pembelinya.
Menurut customer service smart, dengan memakai provider smart aku akan mendapatkan :

  1. Tarif murah yaitu Rp 1/detik ke sesama smart. Tapi siapa temenku yang pake smart ? kayaknya nggak ada deh.
  2. Tarif murah Rp 10/detik ke operator lain, Lumayan sih, tapi aku punya 3 kartu kalau telponnya ganti-ganti nomor, yang bales bingung gak ya ?
  3. SMS murah Rp 50/SMS ke lintas operator. Lumayan sih, tapi aku punya 3 kartu kalau SMSnya  ganti-ganti nomor, yang bales bingung gak ya ?

gambar dari smart telecom

Kemudian dengan memakai haier d1200p + smart, aku akan mendapatkan :

  1. Akses gratis sebesar 12 GB selama 6 bulan, dengan rincian 2 GB tipa bulannya. Tidak bisa diakumulasi, jika sebulan 2 GB tersisa maka akan hangus, dan bulan berikutnya mendapat jatah 2 GB lagi. Kelebihan kuota dibebankan Rp 0.275/Kb.  Ketentuan pemakaian : pulsa harus dalam keadaan masa aktif.
  2. Dengan harga murah yaitu sebesar 289 ribu sudah mendapatkan handphone yang sekaligus sebagau modem ini plus kartu dari smart.

Sebenarnya sebelum berniat membeli handphone ini, aku sudah melakukan suvey baik melalui tanya-tanya teman, cari referensi di surat kabar, dan cari review di blog yang telah bertebaran. Menurut hasil review aku dapatkan info :

  1. Koneksi jelek, karena susah cari jaringan.
  2. Instalasi driver susah, error, dan kadang nggak connect.
  3. Pemakain sebentar saja, handphone sudah panas.
  4. Setiap disconect, kalau mau conect (dial up) lagi harus lepas battery.

Dan setelah aku coba sendiri melakukan instalasi, yaitu dengan menggunakan sebuah PC :

  1. Koneksi bagus, lumayan dapet minimal 3 sinyal. Bagi anda yang hanya dapet 2 sinyal, untuk koneksi memang agak lambat dan putus-putus. Disarankan cari tempat yang koneksinya bagus. Namun hati-hati bagi pengguna PC seperti saya, angkut PC kesana kemari bikin capek. Untuk kecepatan bandwithnya belum diukur.
  2. Instalasi drivernya lumayan mudah. Sekali install aja udah jalan. Bagi anda yang masih menggunakan driver dari CD driver bawaan, maka ganti driver dengan mendownload di web smart.  Restart handphone anda setelah instalasi. Bagi anda yang memakai driver lama, memang masih banyak error, terbukti kemaren ada 3 orang yang komplain gak bisa conect setelah install driver bawaanya.
  3. Untuk pemakaian usahakan jangan melebihi 3 jam. Handphone atau battery panas, memang biasa. Itu konsekuensi menggunakan modem handphone. Apalagi di tempat anda sinyal smart anda tidak kuat, maka handphone akan melakukan dua kerja sekaligus, yaitu mencari sinyal dan melakukan koneksi. Dan bagi anda yang memakai PC usahakan dikasih ground (istilahnya apa ya ?), karena aliran listrik yang ada pada PC lama kelamaan bisa berpengaruh ke handphone anda.
  4. Setiap disconect, kemudian akan melakukan dial up lagi memang harus direstart. Dalam survey 5 kali kesempatan berturut-turut dial up , aku melakukan restart handphone selama 5 kali juga. Mungkin tidak harus melepas battery, namun cukup merestart saja. Apakah memang seperti ini, atau terjadi kesalahan aku juga kurang tau.

Demikian review ini ditulis setelah menggunakan haier d1200p + smart selama 2 hari, untuk selanjutnya akan diupdate secara bertahap.

About this entry