HardikNas

Mutu pendidikan

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.(id.wikipedia). Jangan membayangkan anda bisa mempraktekkan arti pendidikan tersebut dengan mudah. Karena banyak kendala yang mungkin bisa menghambat terjadinya proses pendidikan itu sendiri. Pendidikan merupakan pilar pokok suatu bangsa agar bisa maju dan berdiri kokoh. Namun apakah di negara kita semua sarana, dan prasarana, serta faktor pendukung terselenggaranya pendidikan ini sudah terpenuhi?

Mungkin anda sekarang sedang berada di lapangan, berpanas-panas mengikuti upacara peringatan hari pendidikan nasional pada 2 mei ini. Namun apakah cukup dengan memperingati hari pendidikan saja, sehingga bisa mencerdaskan kehidupan bangsa, tentu saja tidak. Mengingat mutu pendidikan di negeri kita masih jauh ketinggalan dari negara-negara lain. Mungkin saat ini di media masih booming dengan sekolah gratis, dengan bantuan inilah, itulah, namun (*lagi, mengulang kata namun) apakah itu semua akan menyelesaikan masalah pendidikan ini. Tentu saja tidak semua bisa diselesaikan dengan itu semua. Masih kita lihat di pelosok-pelosok desa, sekolah-sekolah yang pada umunya tingkat dasar sudah tak layak pakai, bahkan hampir roboh, keterbatasan penyebaran pendidik, dan masih banyak lagi fenomena pendidikan yang masih harus dibenahi.

Dengan semangat hari pendidikan ini, semoga mutu pendidikan bisa ditingkatkan, sehingga cita-cita menuju masyarakat yang madani, bangsa yang besar akan sedikit demi sedikit bisa tercapai. Jangan keliru memaknai HarDikNas yaitu Hari Pendidikan Nasional, jangan sampai menjadi Hardik-Nas, dimana fenomena kekerasan di dunia pendidikan sampai saat ini masih sering terjadi, Hendaknya hal tersebut bisa menjadi wacana ke depan, agar kualitas pendidikan di Indonesia semakin membaik.

Advertisements

About this entry