Jangan sampai salah pilih perguruan tinggi

Perguruan tinggi favorit, perguruan tinggi idaman

Memilih perguruan tinggi tidak seperti memilih provider pada operator telephone atau memilih merk pada pembelian handphone. Walaupun sekarang telah buanyak perguruan tinggi yang berlomba-lomba menawarkan harga murah, dengan berbagai kualitas.

Moment pemilihan perguruan tinggi merupakan salah satu moment yang menentukan kelangsungan hidup anda ke depannya. Karena kalau anda salah menentukan perguruan tinggi, bisa-bisa anda males kuliah, dan kuliah hanya asal-asalan saja. Seperti halnya dengan memilih jurusan, jika anda salah menentukan jurusan yang anda ambil, biasanya anda malah terjebak didalam jurusan itu, dan susah untuk keluarnya. Kan udah ada lagunya,, kalau nggak salah dari Riff (Salah jurusan,by Riff).

Para calon mahasiswa diharapkan bisa lebih bijak dalam pemilihan perguruan tinggi, terutama dalam pemilihan perguruan tinggi terbaik, menurut mereka. Biasanya mereka ikut-ikutan, teman-temannya kesitu,ayoo… juga kesitu. Kok malah ngumpul lagi. Mungkin karena seleksi perguruan tinggi negeri sudah semakin sulit, sulit seleksinya, dan karena banyaknya calon mahasiswa yang ingin masuk juga. Maka perguruan tinggi swasta sudah banyak dilirik. Sekarang masalah biaya pendidikan sudah hampir sama, baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta. Bahkan biaya masuk perguruan tinggi negeri bisa jauh melebihi masuk perguruan tinggi swasta. Tergantung dari pemilihan jurusan yang akan anda pilih.

Sebagai perguruan tinggi idaman bagi para calon mahasiswa, salah satu universitas di Jogjakarta yaitu Universitas Islam Indonesia mengadakan suatu lomba yaitu lomba blog UII. Merupakan suatu ajang bagi para blogger untuk berlomba-lomba menuangkan karyanya, mengenai perguruan tinggi idaman dan perguruan tinggi favorit Indonesia itu seperti apa. Diharapkan dengan adanya lomba blog ini akan menambah wawasan bagi para calon mahasiswa baru dalam menentukan pilihan pada jurusan dan perguruan tinggi idaman yang akan di masukinya kelak.

Trik memilih perguruan tinggi :

1. Tentukan dulu jurusan yang akan anda ambil.

Misalkan anda  seneng atau minat di bidang komputer, maka ambil jurusan tentang komputer, misalkan teknik informatika. Atau anda berminat atau bercita-cita menjadi guru, tapi dalam bidang komputer, maka silahkan anda ambil keguruan tentang komputer, misalkan ilmu komputer. Penentuan pemilihan jurusan harus jauh-jauh hari anda persiapkan, karena itu akan memakan waktu yang lama, melalui berbagai macam pertimbangan, mulai dari prospek kerja anda nanti, maupun masukan dari orang tua, teman, atau orang-orang sekitar.

2. Survei lokasi dan informasi perguruan tinggi yang anda minati.

Survei lokasi, sekarang tidak harus datang ke tempat perguruan tinggi tersebut. Anda bisa gunakan fasilitas internet, misalkan melalui google map, atau penyedia layanan SIG lain. Kemudian survei informasi, mulai dari akreditasi, sampai kompetensi lulusan, san yang paling penting adalah biaya kuliah nanti. Jika anda tidak mau direpotkan dengan biaya, silahkan anda cari informasi beasiswa yang ada di perguruan tinggi tersebut.

Dengan memperhatikan dan menyusun rencana pemilihan program studi dan perguruan tinggi yang akan anda masuki nanti, semoga anda akan mendapatkan suasana kuliah yang nyaman, dan segera bisa lulus, serta mendapatkan pekerjaan yang anda cita-citakan. Amin.

Advertisements

About this entry